Wednesday 13 July 2016

Tutorial Lengkap Cara Instal Custom ROM Pada Android Via CWM Recovery

Cara Instal Custom ROM Pada Android


Setiap ponsel Android memiliki tampilan UI yang berbeda. Namun setiap theme hanya dapat merubah tampilan saja seperti gambar background, icon, loading, dan lain-lain.

Dan sebelum menuju pada tutorial kali ini mbah go-blog akan menjelaskan secara singkat apa itu Custom ROM, Custom ROM adalah sistem operasi / firmware handphone tertentu yang sudah di modifikasi, biasanya sudah di edit baik dari segi tampilan, sistem, aplikasi, tweaking, dan lain lain.

Penggantian ROM android bisa lebih menghemat baterai jika pas/cocok dengan handphone kita. kelebihan dan kekurangan dari rom tergantung dari si pembuat/modificator ROM tersebut. Custom ROM hanya bisa diterapkan pada Android yang berstatus ROOT, dan sudah menginstall Recovery sejenis CWM/TWRP. Oke langsung saja simak tutorialnya dibawah ini:


Persiapan

Sebelum mengeksekusi si perangkat sebaiknya sobat persiapkan terlebih dahulu secara matang dan teliti semua bahannya. Bahan bahan yang perlu di persiapkan yaitu:
  • Ponsel Bersistem Operasi Android.
  • ROM (Read Only Memory), download sesuai Merek dan Type Handphone masing masing, di usahakan harus sama ya, soalnya beda type HP kadang hardwarenya pun berbeda.
  • Ponsel sudah terinstall CWM Recovery, Kalau belum silahkan di instal dulu.
Langkah Installasi:
  • Langkah pertama download Custom ROM (berformat ZIP). jika sudah punya, silahkan pindahkan file tersebut ke SDCard/Disini (diluar folder)
  • Sebelum Mengekseskusi di sarankan untuk backup data terlebih dahulu menggunakan CWM supaya jika terjadi kesalahan bisa dikembalikan ke ROM aslinya.
  • Setelah itu silahkan menuju CWM Recovery pilih Wipe Data/Factory reset, Wipe Cache, dan Wipe dalvik-cache terlebih dahulu.
  • Jika sudah silahkan pilih Install zip from sdcard. Lalu akan ada menu lagi pilih Choose zip from sdcard.
  • Scroll kebawah dan cari Custom ROM tadi yang berformat ZIP. Jika sudah ketemu silahkan pilih file tersebut, kemudian pilih YES.
  • Tunggu hingga proses selesai, proses ini akan memakan waktu kurang lebih 5 sampai 10 menit saja. Setelah semua proses dirasa sudah selesai lalu restart perangkat android sobat.
Berikut tadi sedikit ulasan mbah go-blog mengenai Tutorial Lengkap Cara Instal Custom ROM Pada Android Via CWM Recovery dan semoga bisa bermanfaat buat sobat mbah go-blog sekalian.

No comments:
Write komentar

Games

Top 20 FPS Games for Android and Ios

Labels