Sunday 10 July 2016

Tips Mengatasi Touchpad Laptop Error / Tidak berfungsi Normal

Mengatasi Touchpad Laptop Error

Merawat touchpad pada laptop dengan baik sangat penting untuk dilakukan. Meskipun memiliki fungsi yang relatif sama dengan mouse, namun pada dasarnya touchpad lebih praktis untuk digunakan.
Berbeda dengan mouse yang dapat dengan mudah dicopot/diganti bila sudah tidak berfungsi, touchpad yang sama-sama berfungsi untuk menggerakkan kursor laptop tidak dapat diganti dengan semudah itu.



Oleh sebab itu bila touchpad laptop sobat bermasalah, tentunya kemana-mana sobat mbah go-blog harus selalu membawa mouse. Bagi Kalian yang mempunyai masalah serupa tak perlu khawatir, karena disini Mbah Go-blog selaku admin akan memberikan sedikit ulasan mengenai cara mengatasi touchpad laptop yang tidak dapat berfungsi secara normal berikut ini :

Bersihkan debu dan kotoran.
Touchpad pada laptop sangat sensitif, jika touchpad tertutupi oleh debu maka sensitivitas touchpad akan berkurang. Untuk mengatasinya, sobat dapat membersihkannya dengan kain kanebo yang telah dibasahi sedikit air, atau bisa juga menggunakan alkohol untuk membersihkannya.

Download software yang berasal dari situs resmi pabrikan laptop.
Dengan mendownload dan menginstal software/driver touchpad, maka anda dapat mengurangi resiko touchpad yang error.

Bersihkan (Scanning) Laptop secara full.
Touchpad yang tidak dapat berfungsi normal bisa juga disebabkan oleh virus. Pada laptop yang sudah terkontaminasi virus, maka sistem pada perangkat pun akan kacau sehingga sektor hardware juga tidak dapat berjalan dengan optimal. Oleh sebab itu, sebaiknya anda melakukan scanning secara full terlebih dahulu agar laptop anda bebas dari virus.

Lakukan setting Control Panel.
Bisa jadi ketika sobat menggunakan laptop, tanpa sengaja memencet kombinasi tombol (Fn + ikon touchpad) yang dapat menonaktifkan touchpad. Nah, untuk mengaktifkannya kembali, buka menu lalu masuk ke Control Panel, pilih Hardware and Sound kemudian Device and Sound setelah itu masuk ke TAB Device Setting, selanjutnya pilih Enable pada Synaptics Touchpad.

Hapus Driver Touchpad.
Namun, bila settingan touchpad sudah dalam keadaan aktif, kemungkinan software bawaan laptop sobat yang bermasalah. Untuk mengatasinya, buka menu > Control Panel > System > Device Manager > selanjutnya cari bagian Mice and Other Pointing Device dan klik symbol yang ada di sebelahnya. Selanjutnya, hapus driver Synaptics PS/2 Port Touchpad dengan cara mengarahkan pointer mouse ke arah driver tersebut dan klik kanan kemudian pilih Delete.

Matikan Laptop.
Terkadang touchpad tiba-tiba tidak dapat berfungsi secara normal yang kemungkinan disebabkan oleh hubungan arus pendek/kornsleting listrik, oleh sebab itu cobalah untuk mencabut baterai dan diamkan selama 2 jam dalam kondisi sama sekali tidak dialiri oleh listrik. Setelah itu, pasang baterai kemudian nyalakan kembali laptop. Setelah itu cek lagi apakah touchpad sedah kembali normal atau belum.

Itulah beberapa cara yang dapat sobat lakukan untuk mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
Sekian perjumpaan kita pada kesempatan kali ini dan semoga tips diatas bermanfaat buat sobat mbah go-blog sekalian.

No comments:
Write komentar

Games

Top 20 FPS Games for Android and Ios

Labels