Monday 25 April 2016

Tips Menarik Cara Memilih Memory Card/SD Card Yang Bagus Untuk Android

Tips Memilih Memory Card/SD Card


Seiring dengan berkembangnya technologi gadget di jagad raya ini, kebutuhan terhadap media penyimpanan seperti memory card pun juga meningkat, terutama bagi mereka yang menggunakan smartphone dengan kapasitas memory internal yang kecil. Tidak tak hayal lagi, memory card menjadi salah satu aksesoris smartphone yang sangat penting. Bagi mereka yang awam mungkin tidak begitu tahu tentang kriteria memilih SD Card/Memory Card. Kebanyakan dari mereka hanya melihat dari besarnya kapasitas penyimpanan memory Card saja. Melihat kejadian tersebut Mbah Go-blog berinisiatif untuk memberi sedikit informasi mengenai Tips Memilih Memory Card/SD Card Yang Bagus . Oke tunggu apa lagi, Langsung saja simak tipsnya berikut ini :

1. Ukuran fisik

Pada dasarnya memory card/SD Card itu ada dua jenis, yaitu mini SD yang berukuran 21,5×20 mm dan micro SD yang berukuran 11×20 mm. Sedikit saran dari Mbah Go-blog, ada baiknya sebelum membelinya pastikan terlebih dahulu memory card jenis mana yang akan digunakan. Akan lebih baik jika sobat Mbah Go-blog membeli memory card yang dijual sepaket dengan adaptor SD card agar lebih mudah saat ingin men-transfer data ke perangkat lain.

2. Kapasitas penyimpanan data

Dari sisi spesifikasi dan kapasitasnya, memory card dibagi menjadi 3 jenis, yakni :
  • SD card (Secure Digital), Merupakan jenis memory yang paling banyak digunakan. Didukung dengan format file FAT16, memory ini memiliki kapasitas penyimpanan data dari 32 MB hingga 2 GB.
  • SDHC (Secure Digital High Capacity), Merupakan pengembangan dari SD card, dimana desainnya tetap sama, hanya saja kapasitas dan kecepatan kinerjanya yang berbeda. Menggunakan format file FAT32, SDHC memiliki kapasitas penyimpanan mulai dari 2 GB hingga 32 GB.
  • SDXC (Secure Digital Extended Capacity ), Merupakan jenis memory card terbaru yang memiliki kecepatan transfer serta kapasitas penyimpanan paling besar ini menggunakan format file ExFAT. Sangat cocok bagi mereka yang suka menyimpan banyak lagu, gambar dan mendownload banyak aplikasi, karena kapasitas penyimpanan datanya sendiri mencapai 32 GB hingga 2 TB. Sayangnya, tidak semua smartphone mendukung penggunaan SDXC ini.

3. Kecepatan transfer data

Setiap jenis memory card memiliki kelas dan kecepatan yang berbeda-beda. Tingkat kecepatan memory card biasanya dikelompokkan dengan angka-angka, yang terdiri dari lima kelas yaitu Class 2, Class 4, Class 6, Class 8 dan Class 10. Class 2 memiliki kecepatan tulis minimum 2 MB/s atau kecepatan 13 kali, Class 4 memiliki kecepatan tulis minimum 4 MB/s dan kecepatan 26 kali, Class 6 memiliki kecepatan tulis minimum 6 MB/s atau kecepatan 30 kali, Class 8 memiliki kecepatan tulis minimum 8 MB/s atau kecepatan 40 kali, dan Class 10 memiliki kecepatan tulis minimum 10 MB/s atau kecepatan 66 kali.

4. Pilih merek berkualitas

Merek dan harga memang berbicara kualitas. Merek-merek yang berkualitas biasanya menyediakan garansi bagi memory card seperti SanDisk, Transcemd, V-Gen dan merek terkenal lainnya. Namun kita juga harus lebih jeli dalam memilih karena saat ini banyak sekali memory card palsu yang beredar dan dilabeli dengan merek yang sudah terkenal. Jangan mudah tergiur begitu saja dengan memory card merek terkenal yang dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran. Pastikan saat membeli, kondisi memory card dalam keadaan masih bersegel dan kemasannya masih utuh.
Pemilihan Memory Card/SD Card yang tidak sesuai standart kapasitas suatu smartphone justru akan membuat kecepatan kinerja smartphone kamu jadi menurun.
Sekian informasi dari Mbah Go-blog pada edisi kali ini, semoga bisa menjadi berkah dan manfaat bagi sobat Mbah Go-blog semuanya. Terima kasih atas kunjungannya.

No comments:
Write komentar

Games

Top 20 FPS Games for Android and Ios

Labels